SHARING DAN TRAINING FIDUCIA

Terkait dengan berlakunya kebijakan PMK Fiducia Nomor 130/PMK.010/2012, tanggal 11 September 2012, C Finance mengadakan training tentang fiducia. Kegiatan yang bertempat di kantor C Finance Semarang ini dihadiri oleh 24 peserta yaitu collector dan Branch Manager dari cabang-cabang area Jawa Tengah dan DIY. Kegiatan training diisi dengan penyampaian materi oleh Bapak Sutrisno, AKP kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan sharing praktek penerapan fiducia dan permasalahan yang terjadi di lapangan.

Fidusia sendiri sebenarnya lahir untuk melindungi perusahaan pembiayaan sekaligus konsumennya. Sertifikat fiducia mempunyai kekuatan hukum yang tetap dan setara dengan keputusan pengadilan. Jika debitur wan prestasi, maka bisa dikategorikan dalam ranah pidana.

Tentunya, praktek di lapangan tidak semudah konsep yang ada. Banyak kendala yang terjadi di lapangan akibat kurangnya pemahaman atas UU fiducia. Diperlukan teknik komunikasi dan pendekatan yang baik untuk menjelaskan masalah fiducia tersebut kepada pihak-pihak yang terkait. Hal penting yang perlu cabang ketahui bahwa dengan pendaftaran Fiducia menjamin perusahaan pembiayaan untuk menarik unit kendaraan karena  tindakan tersebut sudah sesuai hukum.



Diharapkan, pengetahuan dan wawasan tentang fiducia dari training ini bisa diterapkan oleh cabang sehingga meningkatkan kinerja collection serta dapat mempertahankan asset perusahaan.

Leave a Reply